Dolar Melemah. Harga Emas Naik


Sabtu, 30 April 2016 | 11:10:02 WIB
/

SUARAJAMBI.COM- Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik tajam pada Jumat (Sabtu pagi WIB), menutup pekan dan bulan ini lebih tinggi.

Para analis mengatakan bahwa emas mendapat dukungan yang luas, karena indeks dolar AS turun 0,7 persen menjadi 93,10 pada pukul 18.40 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar turun maka emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih murah bagi investor.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni melonjak USD24,10, atau 1,9 persen, menjadi menetap di USD1.290,50 per ounce.

Untuk minggu ini, emas berjangka naik 4,92 persen, sedangkan untuk April, emas naik 4,44 persen.

Emas berjangka naik lebih tinggi untuk semua lima hari perdagangan pekan ini, dan menetapkan harga tertinggi pada Jumat sejak 27 Januari 2015, ketika emas menetap di USD1.291,70 per ounce.

Saham-saham AS dibuka melemah pada Jumat, dan saham utama Eropa juga menetap lebih rendah, meningkatkan selera investasi untuk emas, menurut para analis.

Selain itu, data yang lebih buruk dari perkiraan pada Jumat juga membantu emas berjangka memperpanjang keuntungannya. Pengeluaran konsumsi pribadi di AS meningkat USD12,8 miliar atau 0,1 persen pada Maret, gagal memenuhi perkiraan pasar, Departemen Perdagangan melaporkan Jumat.

Namun, emas dicegah dari kenaikan lebih lanjut ketika laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan pendapatan pribadi lebih baik dari yang diharapkan, meskipun pengeluaran lebih lemah dari perkiraan.

Para analis percaya bahwa ini adalah tanda ekonomi AS masih berjuang untuk pulih, dan indikasi lain bahwa Federal Reserve AS akan berhati-hati dan sabar dalam menaikkan suku bunganya.

Pasar masih mencerna berita dari pengumuman Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Rabu yang menunjukkan bahwa Fed akan bersabar dalam menaikkan suku bunganya.

Perak untuk pengiriman Juli menambahkan 23,1 sen, atau 1,31 persen, menjadi ditutup pada USD17,819 per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik USD27,7 atau 2,64 persen, menjadi ditutup pada USD1.078,40 per ounce.


Editor: YMS
Sumber: okezone.com

Advertisement

Komentar Anda