Ditemukan 2 Hot Spot di Tanjab Timur


Rabu, 04 Mei 2016 | 19:51:03 WIB
ilustrasi
ilustrasi /

 

Suarajambi.com, MUARA SABAK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjab Timur berhasil mendeteksi titik panas atau hot spot.

Titik panas tersebut terdeteksi di 2 daerah, yaitu di Desa Pandan Lagan dan yang satunya di Desa Rantau Karya Kecamatan Geragai.

'Petugas dari kita mendeteksi dengan menggunakan GPS(Global Positioning System),'kata Kepala BPBD Tanjab Timur, Jakfar. Sebelumnya juga, pihaknya mendapat laporan dari Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Provinsi Jambi bahwa di wilayah kerjanya berdasarkan hasil pantauan satelit terdeteksi 2 titik panas.

Namun dari 2 daerah yang terdeteksi adanya titik panas itu, Jakfar menjelaskan bahwa tingkat kepercayaannya masih pada angka 32-33%.

'Penyebabnya kemungkinan besar adanya warga yang membakar arang,'ujar Jakfar. Namun, jika ditemukan titik api hingga 60%, pihak bekerjasama dengan Dinas Kehutanan, Polri dan TNI biasanya cepat bergerak.'Kita akan langsung ke lokasi jika ada lokasi yang terdeteksi hot spotnya mencapai 60%. Ini untuk meminimalisir kebakaran yang diduga akan meluas,'pungkas Jakfar.

Penulis: ONO-B

Sumber: Suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda