Bawaslu Ajak Masyarakat Ikut Awasi Penyelenggaraan Pemilu


Minggu, 14 Agustus 2016 | 15:09:33 WIB
/

SUARAJAMBI.COM- Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) berharap adanya peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu RI Muhammad dalam acara "Gebyar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif" di depan kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin yang bersamaan pula dengan acara Car Free Day, Minggu (14/8/2016).

"Dari dulu kami menyadari bhwa tanggung jawab sukses Pilkada serta sistem pengawasan pemilu sejatinya tanggung jawab bersama. Bawaslu mengajak masyarakat bahwa kita semua punya andil untuk sukseskan pengawasan pilkada," ujar Muhammad.

Menurut Muhammad, pelaksanaan pemilu tak hanya dimiliki pemangku kepentingan saja seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, atau partai politik saja. Namun, pelaksanaan serta pengawasan pemilu harus juga dilakukan masyarakat.

Melalui acara ini, Bawaslu juga mengajak partisipasi masyarakat bertanggungjawab dalam pengawasan pemilu.

"Jadi kami ingin menggunggah kesadaran masyarakat melalui program pengawasan partisipatif dalam sosialisasi akbar ini supaya masyarakat ikut serta. Bagaimana kita bekerja apapun profesinya paling tidak kita peduli terhadap pengawasan pemilu sebagai tanggung jawab bersama," ajak Muhammad.

Muhammad menjelaskan dalam acara ini, setiap Bawaslu tingkat provinsi melaporkan apa saja pengawasan yang telah dilakukannya langsung kepada masyarakat. Masyarakat, lanjut Muhammad dapat bertanya apa saja seputar pengawasan yang telah dilakukan Bawaslu.

"Biar masyarakat tahu apa yang sudah kita lakukan, apa yang sedang kita lakukan dan apa tantangan-tantangan pengawasan sehingga kita bisa turut serta ambil di dalamnya," papar Muhammad.

Sejumlah tokoh menghadiri acara ini di antaranya jajaran Komisioner KPU, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, serta Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Jimly Asshiddiqie.


Editor: YMS
Sumber: okezone.com

Advertisement

Komentar Anda