KPU Muaro Jambi Bantah Verifikasi Faktual Tak Valid


Jumat, 09 September 2016 | 01:05:28 WIB
/

SUARAJAMBI.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi meminta agar pihak-pihak menyampaikan bukti yang valid dan nyata. 'Harus ada buktinya tidak fitnah belaka dan asal menduga-duga saja,' kata Ketua Divisi Teknis, Suparmin SH MH kepada Media ini,,Kamis (8/9) kemarin. 

Dia menyatakan tidak terima atas tuduhan tidak dilakukannya proses verifikasi faktual terhadap dokumen dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Perseorangan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Petugas Peneliti Verifikasi Faktual. 'Mana buktinya. Kalau hanya ngomong lebih baik tidak usah ditanggapai. Sampai hari ini (kemarin, red) tidak ada rekomendasi maupun keluhan dari tim penghubung Bapaslon Perseorangan terkait Verifikasi Faktual yang telah selesai dilaksanakan pada Selasa (6/9), lalu yang dengan alat bukti. Kalau hanya menuduh tanpa bukti bagaimana kita mau cek,' katanya. 

Suparmin menyatakan pihaknya bersama jajaran penyelenggara lainnya selalu mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam berbagai tahapan, termasuk proses Verifikasi Faktual. 'Kita ada tiga langkah dalam verifikasi faktual. Pertama mendatangi nama-nama pendukung yang tercantum dalam dokumen B.1-KWK Perseorangan dan menanyakan kebenaran dukungannya.

Kemudian terhadap nama-nama yang tidak ditemui paling lambat 3 hari, disurati ke tim penghubung agar dihadirkan untuk diverifikasi faktual. Kemudian jika ada yang masih hadir disurati lagi agar bisa mendatangi PPS hingga akhir masa Verifikasi Faktual,' tegas Suparmin. Mantan Jurnalis ini meminta agar semua pihak terkait bisa menghargai kerja keras penyelenggara adhoc dibawah KPU Kabupaten Muaro Jambi, mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara maupun Petugas Peneliti Verifikasi Faktual. 'Mereka bekerja dengan baik dan patuh terhadap aturan yang ada. Bahkan di tingkat bahwa koordinasi antara PPS dengan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) terus terjadi, juga antara PPK dan Panwascam dan antara kami dengan Panwaskab. Jadi janganlah kami ini diadu-adu dengan hal-hal yang tidak benar,' sambungnya. 

Dia mengharapkan semua pihak bersama-sama bekerjasama untuk mensukseskan pesta demokrasi masyarakat bumi Sailun Salimbai pada Rabu, 15 Februari 2017. 'Ayo kita bersama-sama mensosialisasikan hari dan tanggal pemungutan suara maupun tahapan-tahapan lainnya seperti tahapan pemutakhiran data pemilih, yakni Coklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang sedang dilaksanakan sejak hari ini (kemarin, red), 8 September hingga 7 Oktober 2016,' pungkas alumni Pasca Sarjana Universitas Batang Hari ini.

Penulis: Heru Aji
Editor: YMS
Sumber: suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda