4530 Botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal di Amankan Bea Cukai Jambi


Selasa, 13 Februari 2018 | 15:15:28 WIB
KPPBC Jambi menggelar Press Rilies atas Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal yang  di Amankan Bea Cukai Jambi hari ini (13/02)
KPPBC Jambi menggelar Press Rilies atas Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal yang di Amankan Bea Cukai Jambi hari ini (13/02) /

SUARAJAMBI.COM- Ribuan botol miras tanpa cukai diamankan Bea Cukai Jambi pada hari Sabtu tanggal 10 Februari 2018 pukul 04.57 WIB di Simpang Merlung, Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi.

"Barang bukti yang diamankan berupa ribuan botol miras ilegal dengan total kerugian negara sebesar Rp 456.894.600 juta," kata Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, Duki Rusnadi, di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Jambi, Selasa (13/02/2018).
 
Petugas Bea Cukai melakukan penindakan terhadap satu Buah Truck fuso Hino dutro 300 Warna Hijau yang dikemudikan oleh dua orang berinisial EM dan RS, kedapatan bermuatan kurang lebih 200 koli atau 4530 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) ilegal berbagai merek tanpa dilekati pita cukai (polos). 
 
"Penindakan ini berkat koordinasi antara Bea Cukai Jambi, Kanwil DJBC Sumatera bagian timur, Kanwil DJBC Riau serta Kantor Bea Cukai Tembilahan," sebut Duki Rusnadi kepada Awak Media saat menggelar Konfrensi Pers di KPPBC Tipe Madya Pabean B Jambi, Selasa (13/02/2018).
 
Dari informasi yang didapat oleh tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Jambi, yang menyatakan bahwa akan ada kegiatan pengangkutan barang ilegal berupa minuman mengandung etil alkohol masuk ke daerah wilayah pengawasan Bea Cukai Jambi melalui alat pengangkut Truck. 
 
Berdasarkan informasi tersebut, Bea Cukai Jambi melakukan koordinasi dengan Kanwil DJBC Sumbagtim, Kanwil DJBC Riau dan Bea Cukai Tembilahan. Untuk menelusuri kebenaran Informasi tersebut, Bea Cukai Jambi membentuk tim, yang ditugaskan untuk melakukan pemantauan. 
 
Selanjutnya, tim melakukan penyisiran ke lokasi yang telah ditentukan untuk mencari target operasi. Pada Sabtu, 10 Februari 2018 pukul 04.00 WIB tim melakukan penindakan karena mendapat informasi bahwa truck yang menjadi sasaran bergerak dari arah Selensen, Provinsi Riau. 
 
Setelah dilakukan pemeriksaan, truck tersebut kedapatan membawa Barang Kena Cukai berupa MMEA yang tidak dilekati pita Cukai (Polos), ditumpuk bersama bahan pangan berupa minyak sayur kemasan di dalam kardus. 
 
Dari penindakan tersebut, tim Bea Cukai Jambi berhasil mengamankan kurang lebih 200 koli Barang Kena Cukai llegal berupa MMEA atau sebanyak 4530 botol Miras berbagai merek dengan potensi kerugian negara sekitar empat ratus lima puluh enam delapan ratus sembilan puluh empat ribu enam ratus rupiah.
 
Pelanggaran tersebut diduga melanggar pasal 54 dan atau 56 Undang-undang nomor 11 tahun 1995 sebagaimana diubah dengan Undang-undang nomor 39 tahun 2007 tentang Cukai. Selanjutnya, BB diamankan di kantor Bea Cukai Jambi sedangkan satu pelaku sudah dititipkan di LP kelas II A Jambi sambil menunggu proses penyidikan lebih lanjut.

Editor: yms
Sumber: Suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda