Sindikat Skimming Internasional Intai Indonesia


Senin, 19 Maret 2018 | 10:49:20 WIB
/

SUARAJAMBI.COM- 5orang pelaku skimming berhasil ditangkap oleh Tim Unit 4 Subdit Resmob Polda Metro Jaya. Empat pelaku merupakan warga negara asing, yakni dari Rumania dan Hungaria. Sedangkan satu pelaku berasal dari Indonesia.

Mereka adalah Caitanovici Andrean, Raul Kalai, Ionel Robert asal Rumania. Kemudian Ferenc Hugyec asal Budapest, Hungaria dan Milah Karmilah asal Bandung.

Para pelaku sudah berhasil membobol ATM 64 bank. “"Untuk memasang alat (skimming) ini sampai selesai, hanya 5 sampai 10 menit," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Nico Afinta di Mapolda Metro Jaya.

Para pelaku, kata Nico, memasang alat skimmer di lubang atau tempat memasukan kartu. Sindikat ini juga menempel spycam atau kamera tersembunyi tepat di atas lubang kartu untuk mendapatkan PIN. Kamera tersebut berfungusi untuk merekam PIN nasabah saat bertransaksi di ATM.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan para pelaku beraksi di tiga kota besar, yakni Bali, Yogyakarta dan Jakarta.

Sementara khusus pelaku perempuan, bertugas untuk menukarkan hasil kejahatannya dari Rupiah ke mata uang Euro.

Milah mengaku awal kenal dengan para pelaku di sebuah tempat hiburan malam di daerah Bali. Dari pertemuan itu kemudian mereka semakin akrab. Ia menegaskan tidak pernah diberikan uang atau jatah dari kejahatan yang dilakukan.

"Sebenarnya saya enggak tahu yang kayak ginian, saya waktu itu cuma disuruh transfer,” ujar dia.

Apa Itu Skimming

Skimming merupakan tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara ilegal. Modus kejahatan ini masuk dalam jenis penipuan dengan metode pengelabuan.

Para pelaku yang ditangkap oleh pihak kepolisian mendatangkan alat skimming dari luar negeri.

“Alat-alat mulai dari softwarenya, hardware, serta kamera kemudian melalui alat skimming dimasukan dan alat ini berasal dari luar negeri dan dimasukkan ke dalam negeri," kata Nico.


Editor: yms
Sumber: OKEZONE

Advertisement

Komentar Anda