DKP Jambi Gelar Sosialisasi Pemutakhiran Data Suaka Perikanan


Jumat, 13 April 2018 | 21:08:31 WIB
Sosialisasi Pemutakhiran Data Suaka Perikanan Oleh DKP Provinsi Jambi
Sosialisasi Pemutakhiran Data Suaka Perikanan Oleh DKP Provinsi Jambi /

SUARAJAMBICOM-  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi hari  ini (13/04) menggelar Sosialisasi Pemutakhiran Data Suaka Perikanan/Lubuk Larangan  se Provinsi Jambi yang berlangsung Aula Dinas Perikanan dan Kelautan. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun data dan informasi yang lengkap, akurat da berkualitas tentang lubuk larangan di Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Tema Wisman mengatakan  memelihara dan melestarikan sumber daya ikan telah dirintis oleh masyarakat melalui kearifan lokalnya dengan membuat suatu maklumat musyawarah bersama untuk menetapkan hukum adat satu kawasan dalam memelihara ikan-ikan di perairan yang mereka sepakati.

Dan sebagai  dukungan atas partisipasi masyarakat terhadap sumber daya ikannya, maka Dinas Perikanan Provinsi Jambi sebagai organisasi pemerintah wajib menjembatani apa yang menjadi apa yang menjadi putusan musyawarah bersama tersebut. Dan saat ini pemerintah Provinsi Jambi   telah menetapkan beberapa kawasan suaka perikanan, antara lain Danau Arang-Arang di Kabuaten Muaro Jambi, Danau Teluk Kenali (Kota Jambi), Danau Kayu Putih (Bungo) Lubuk Talentam (Merangin) Lubuk Sahap (Kerinci) dan Pantai Lambur di Tanjab Timur.

Selanjutnya di katakannya, sampai akhir tahun 2014 lalu telah tercatat 28 Suaka Perikanan yang ada di Provinsi Jambi. “ Tahun 2014 saja ada 28 Suaka Perikanan dan 173 Lubuk Larangan dengan luas keseluruhan 340,721 Hektar.” Jelasnya.

Melalui pertemuan pemutakhiran data suaka perikanan tersebut kata Tema di harapkan dapat memperbaharui data suaka perikanan/lubuk larangan di Provinsi Jambi.” Pentingnya data yang akurat adalah hal yang mutlak yang nantinya di harapkan dapat menjadi bahan penyusunan rancangan kawasan konservasi sumber daya ikan di Provinsi Jambi.” Pungkasnya.

Kegiatan Sosiasasi ini di ikuti sebanyak 25 orang peserta yang berasal dari Dinas/Instansi Kabupaten/ Kota yang membidangi serta Stakeholder yang terkait dengan menghadirkan nara sumber antara lain dari Akademisi, LSM, KNPI serta dari Dinas Perikanan Provinsi Jambi.

Penulis: yms
Editor: yms
Sumber: Suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda