NPPBKC Wajib di Miliki Pengusaha MMEA


Selasa, 17 April 2018 | 19:44:41 WIB
Sosialisasi NPPBKC berlangsung hari ini (17/04) berlangsung hari ini di KPPBC Jambi
Sosialisasi NPPBKC berlangsung hari ini (17/04) berlangsung hari ini di KPPBC Jambi /

SUARAJAMBI.COM- Bertempat di Aula Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP B Jambi (Bea Cukai Jambi), selasa(17/04)) diadakan acara sosialisasi bagi pengusaha barang kena cukai berupa Minuman Mengandung Etil Alkohol(MMEA) yang telah memiliki NPPBKC. Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Plh. Kepala Kantor Bea Cukai Jambi yang juga selaku Kasi Penyuuhan dan Layanan Informasi (PLI) Dini Noviarini. Sedang bertindak sebagai nara sumbernya adalah Azmi Karnelis dari Kasi PKC 1 serta Mehrum dari Kasubsi Penyidikan dan BHP..

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2008 tentang Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.04/2008 tentang NPPBKC Untuk Pengusaha Pabrik Dan Importir, Penyalur, dan Pengusaha Tempat Penjualan Eceran Minuman Mengandung Etil Alkohol.

Plh. Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, Dini Noviarini  mengungkapkan sosialisasi ini merupakan Edukasi bagi pengusaha pemegang NPPBKC. “NPPBKC merupakan identitas bagi para pengusaha Barang Kena Cukai, dan merupakan alat kontrol bagi DJBC dalam rangka melakukan pengawasan terhadap peredaran MMEA  selain itu juga untuk mengedukasi para pengusaha pemegang NPPBKC tentang peraturan perundang-undangan cukai yang terkait dengan kewajiban  untuk melaksanakan pencatatan atas barang kena cukai (MMEA) yang mereka beli dan jual, artinya NPPBKC Wajib di miliki oleh mereka yang berkaitan dengan usaha yang saya sebutkan tadi.” Ujarnya.

Disebutkan bahwa setiap pengusaha Tempat Penjualan Eceran (TPE) MMEA wajib memiliki NPPBKC. Untuk itu Bea Cukai Jambi selalu intens untuk melakukan sosialisasi NPPBKC kepada para pengusaha TPE MMEA, agar mereka dapat segera memiliki izin NPPBKC.” Sanksi bagi mereka yang tidak memiliki NPPBKC adalah denda sebesar Rp.20 Juta, dan penyitaan barang yang tak memiliki NPPBKC kemudian mengurus perizinan yang ada.” Papar Dini Noviarini yang juga menjabat sebagai Kasi PLI KPPBC Jambi ini.

Materi sosialisasi menitik beratkan pada pentingnya kepemilikan NPPBKC, syarat mendapatkan NPPBKC, sanksi apabila tidak mengindahkannya hingga sampai kepada registrasi cukai, pembukuan dan tatacara pelaporannya. Untuk diketahui saat ini, pengusaha pemegang NPPBKC  yang  ada di provinsi Jambi tercatat 21 Pemegang Usaha dari 37 NPPBKC yang di keluarkan oleh Bea Cukai Jambi.

Dengan Sosialisasi ini diharapkan bagi para pengusaha yang NPPBKC-nya masih belum di daftar ulang dapat segera mengajukan pembaharuan NPPBKC. Dan mereka juga harus memperbaharui dokumen kelengkapan yang dikeluarkan oleh instansi terkait lainnya, maka masih ada waktu yang tersedia untuk memperbaharui dokumen tersebut.” Kita berharap kedepannya pengusaha yang memiliki izin NPPBKC akan bertambah sehingga juga akan menambah penerimaan Pajak Negara.” Pungkasnya.

 


Editor: yms
Sumber: KPPBC Jambi

Advertisement

Komentar Anda