KPPBC Jambi dan Den POM II/2 Sriwijaya Berhasil Amankan Ribuan Botol MMEA Ilegal


Selasa, 03 Juli 2018 | 07:23:32 WIB
MMEA Hasil penindakan KPPBC Jambi dan Den POM II/2 Siwijaya  Jambi di kantor Bea dan Cukai Jambi (03/07)
MMEA Hasil penindakan KPPBC Jambi dan Den POM II/2 Siwijaya Jambi di kantor Bea dan Cukai Jambi (03/07) /

SUARAJAMBI.COM- Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi (KPPBC )TMP Ð’ )  Jambi berhasil melakukan  penindakan terhadap sejumlah BKC MMEA berupa Ribuan Botol Minol tanpa Pita Cukai. Tim Seksi Penindakan dan Penyidikan pada KPPBC Jambi juga berhasil mengamankan 7 (tujuh) orang pelaku dan 3 (tiga) orang pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka yaitu berinisial TR (32), DIE (35) dan BMG (45).  Keberhasilan penindakan ini merupakan bentuk operasi gabungan atas sinergi antara Direktorat Jenderal Bea dan Cuka (DJBC) khususrya KPPBC TMP B Jambi dan Denpom II/2 Sriwijaya.

Kakanwil Bea dan Cukai Wilayah Sumatera Timur, Muhammad Aflah mengatakan  perlunya dukungan semua pihak untuk memberantas barang-barang Ilegal.” Tidak hanya kami maupun TNI namun juga partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mengawasi maupun mencegah masuknya barang barang illegal ke wilayah Indonesia, sehingga potensi potensi kerugian Negara dapat kita cegah bersama-sama,” ungkapnya mengawali sambutan pada Press Release di Kantor Bea dan Cukai Jambi (03/07)

Sementara dari Den POM II/2 Sriwijaya yang di hadiri langsung oleh Dan Den POM, Letkol CPM Ahmad Barkah mengungkapkan,  POM TNI AD siap mengawal setiap penindakan oleh KPPBC Jambi. “ Jadi hal ini merupakan komitmen yang senus dan kuat atas implementasi Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kementerian Keuangan dengan Tentara Nasional Indonesia yang mana Direktorat pelaksananya adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Salah satu isi dan MoU tersebut adalah membentu penegakan hukum di bidang perpajakan, kepabeanan dan cukai serta bidang keuangan negara lainnya.” Katanya pada kesempatan tersebut.

Kepala Kantor KPPBC Jambi, Duki Rusnadi  mengatakan penindakan tersebut berhasil mengamankan ribuan botol MMEA tanpa izin edar berbagai merk. “Terhadap penegahan dan penindakan BKC MMEA dugaan eks Impor tersebut berhasil diamankan barang bukti berupa 2 duah buah truk dengan masing-masing model light truck merk MITSUBISHI Colt Diesel Model FE 14 dan model light truck merk MITSUBISHI Colt Diesel Modal FE 349 dengan total muatan BKC MMEA dugaan eks. Impor sebanyak 6.774 (enam ribu tujuh ratus tujuh puluh empat) botol berbagai merek yaitu Grey Goose Vodka kadar alkohol 40% golongan C, Bombay Sapphire kadar alkohol 47% golongan C, Cockburns kadar alkohol 20% golongan B, dan Jim Beam kadar alkohol 40% golongan C.” paparnya.

Sedang kerugian Negara yang berhasil di selamatkan berjumlah Rp.4 Milyar lebih.” Penindakan BKC MMEA dugaan eks. Impor ini diduga telah melakukan tindak pidana di bidang cukai sebagaimana dimaksud dalam pasal 54 dan/atau 56 undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai dengan ancaman hukuman dipidana dengan pidang penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda peling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dbayar. Taksiran total kerugian negara yang berhasil diselamatkan terhadap PDRI (Pajak Dalam Rangka Impor) Bea Masuk, Cukai, PPn. pPh pasal 22 sebesar Rp.4.925.792.000 (Empat Miliar Sembilan Ratus Dua Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Sembilan Puluh Dua Ribu)” sebut Duki.

Selanjutnya kata Duki Rusnadi, Selain dampak  Materil juga akan menimbulkan dampak immaterril.”  Diharapkan melalui kegiatan operas gabungan ini dapat menimbuikan efek jera para pelaku pelanggaran Undang undang Kepabeanan dan Cukai, serta terus meningkatkan kerjasama antara DJBC dan TNI kedepan. Serta masyarakat Indonesia khususnya Provinsi Jambi dan para generasi bangsa dapat selamat dari bahaya pengaruh dan peredaran MMEA (minuman mengandung etil alkohol) ilegal ini.” Pungkasnya.

 


Editor: yms
Sumber: Suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda