Bea dan Cukai Jambi Gelar Sosialisasi Mandatory Sistem INSW


Kamis, 16 Agustus 2018 | 00:28:07 WIB
Sosialisasi Mandatory Sistem INSW Oleh Kantor Bea dan Cukai Jambi Bagi para Eksportir dan Importir (16/08/2018)
Sosialisasi Mandatory Sistem INSW Oleh Kantor Bea dan Cukai Jambi Bagi para Eksportir dan Importir (16/08/2018) /

SUARAJAMBI.COM- Penerapan Indonesia National Single Window (INSW) berpengaruh besar dalam dunia ekspor-impor di Indonesia. Dengan adanya INSW, proses ekspor impor menjadi lebih cepat dan efisien serta menghemat waktu dan biaya dalam proses ekspor impor. Selain itu juga berdampak meningkatnya validitas dan akurasi data dan informasi yang terkait dengan kegiatan ekspor dan impor, serta meningkatkan daya saing perekonomian nasional dan mendorong masuknya investasi.

Terkait Hal tersebut, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Jambi pada kamis, 16/08/2018 menggelar Sosialisasi  PMK No.63 Tahun 2018 dan Penjelasan Program Mandatory Sistem INSW bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang Eksport dan Import yang ada di Provinsi Jambi.

Kepala Kantor KPPBC Jambi, Duki Rusnadi menjelaskan sebelumnya eksportir maupun importir harus mendatangi one by one lembaga yang bersangkutan dengan kegiatan usaha.” Dengan INSW, eksportir maupun Importir tidak perlu lagi berjalan-jalan dalam pengurusan izin, sehingga waktu bisa se efisien mungkin, karena hanya mengggunakan satu pintu, semua sudah terintegrasi dengan system Ceisa.” Paparnya.

Seperti diketahui, INSW merupakan sistem elektronik yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan pengawasan kegiatan ekspor dan impor melalui pengintegrasian perizinan ekspor dan impor di antara 15 Kementerian/Lembaga atau 18 unit pengelola Perijinan.

Sedang manfaat yang di dapat dari system INSW menurut Duki Rusnadi akan banyak di dapat importir dan eksportir.” Dengan system INSW ada beberapa point yang menguntungkan bagi eksportir maupun importir, antara lain meningkatkan kecepatan pelayanan untuk eksport maupun import, memudahkan pengguna jasa dalam pengurusan perizinan, dan menghemat waktu, dengan hanya paperless dan langsung di ajukan ke website INSW, jadi sangat jauh cost yang di keluarkan para pengguna jasa dan waktunya juga jauh lebih singkat,” jelasnya.

Ditambahkannya, pemberlakuan system INSW untuk wilayah Jambi akan berlaku pada 1 September 2018, sedang kantor-kantor Bea dan cukai wilayah lain sudah terlebih dahulu menerapkan system INSW, seperti, Tanjung Periok dan Cengkareng yang telah memberlakukan system INSW pada 1 Agustus 2018.

Kegiatan Sosialisasi Mandatory INSW ini di ikuti para Importir maupun Eksportir yang ada di Wilayah Jambi saat ini. Sedang Nara Sumber kegiatan Sosialisasi menghadirkan pembicara dari KPPBC Jambi yakni Hotmauli Simamora, dari Kasi PDAD KPPBC TMP B Jambi kemudian Fajrin F.Akbar selaku Pelaksana Pemeriksa Seksi penindakan dan penyidikan KPPBC TMP B Jambi.

 

Penulis: yms
Editor: yms
Sumber: Suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda