Meningkatkan Motivasi melalui Teknik Hipnotharapy


Jumat, 26 Oktober 2018 | 13:03:05 WIB
/

Arizona. M.Pd

Dosen BK Universitas PGRI Palembang

SUARAJAMBI.COM- Kita sering menjumpai seseorang atau individu bahkan peserta didik kita kurang memiliki semangat dalam belajar, bahkan ada beberapa siswa mengalami kecemasan dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas, ada juga peserta didik kita tidak percaya diri dalam mengemukakan pendapat atau gagasannya, masalah seperti ini sering kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari, kurangnya semangat belajar, cemas dan tidak percaya diri merupakan sumber tidak aktifnya siswa di kelas bahkan dampak terburuknya adalah buruknya nilai yang di peroleh oleh siswa karna masalah tersebut.

Hipnothrapy sudah di gunakan  pada perang dunia ke 1 dan perang dunia ke II yang digunakan untuk memberikan perlakukan pada prajurit yang mengalami trauma, british Medical Association  yang menyatakan bahwa hypnosis dapat di gunakan sebagai anastesi.

Kita di sini akan mengungngkapkan teknik hipnothrapy yang dalam hal ini berkaitan dengan modifikasi prilaku melalui sugesti – sugesti positif sehingga dapat membantu peserta didik yang memiliki masalah dengan perasaan, sikap, kecemasan, stres bahkan membantu perkembangan pribadi siswa.

Hipnothrapy sendiri di defenisikan sebagai mana keadaan atau kondisi yang memproses dan membypass( memprogram) critical area ( security) dan menanamkan sugesti agar mempengaruhi dan mengarahkan pikiran sesuai yg diprogramkan. Alam bawah sadar kita menyimpan beragam potensi internal yang dapat di manfaat kan untuk lebih meningkatkan kwalitas hidup. Peserta didik dalam keadaan relaks  lebih terbuka terhadap sugesti dan dapat di hilangkan rasa seperti takut, phobia, trauma dan rasa sakit individu yang dalam kondisi hipnosis masih dapat menyadari apa yang terjadi di sekitarnya beserta dengan berbagai stimulus yang di berikan oleh terapis.

Hipnothrapy terbukti memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah yang di hadapi peserta didik salah satu contoh maslah prilaku, emosi dan menurunkan kecemasan serta menghilangkan rasa sakit.

Dalam dunia pendidikan hipnothrapy dapat di gunakan oleh guru atau tenaga pendidik untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kecemasan, ketegangan, depresi, phobia dan dapat membantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk siswa seperti merokok. Selain itu hipnothrapy di gunaan untk meningkatkanmotivasi belajar siswa sehingga bisa mengoptimalkan potensi yang ada dalam diri siswa, dan dapat juga menjadikan siswa lebih focus dalam menerima proses belajar mengajar.

 

 

Penulis: Arizona. M.Pd
Editor: yms
Sumber: Suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda