Penutupan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN)


Selasa, 30 Oktober 2018 | 18:58:25 WIB
/

SUARAJAMBI.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengemukakan, Gerakan Pramuka merupakan pelopor dalam membentuk karakter untuk membangun pemuda yang tangguh, unggul, dan peduli terhadap permasalahan sosial di negeri. Hal itu disampaikan Sekda dalam Penutupan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) Vdi Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (30/10/2018.) 

Tema PPSN V tersebut adalah "Pramuka Santri Menebar Kedamaian untuk Indonesia yang Kuat dan Berkarakter." Kegiatan ini berlangsung pada 24 s.d 30 Oktober 2018. 

Dalam sambutannya Sekda menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Pemerintah Pusat dan Kementerian Agama RI yang telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Provinsi Jambi sebagai penyelenggara Perkemahan Pramuka Santri Nusantara V. "Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Kementerian Agama RI yang telah mempercayai Provinsi Jambi sebagai pelaksana Perkemahan Pramuka Santi Nusantara (PPSN) V, serta ucapan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, seluruh panitia yang telah mendukung terselenggaranya keseluruh rangkaian kegiatan perkemahan ini dengan sukses dan lancer," ujar Sekda.

Sekda mengatakan, pemuda merupakan pemegang estafet pembangunan yang mesti unggul disemua aspek kehidupan dan pembangunan. "Dengan tumbuhnya generasi muda yang tangguh, maka bangsa Indonesia akan benar-benar menjadi negara yang kuat dan maju," kata Sekda.

"Bila generasi muda kita memiliki karakter, berpengetahuan dan berketerampilan sebagaimana tertuang dalam esensi Dasa Dharma Pramuka, maka generasi muda akan unggul dan memiliki daya saing yang tinggi," sambung Sekda.

Lebih lanjut sekda mengharapkan supaya pramuka santri terus diberdayakan, khususnya dalam upaya memupuk nasionalisme dan kepedulian sosial di kalangan generasi muda, untuk dapat menuntut ilmu pengetahuan serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi yang bisa membawa perkembangan di masa mendatang.

"Saya juga mengharapkan kepada adik-adik peserta Perkemahan Pramuka Santri Nusantara agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat, berguna dan bisa menjadikan bekal dalam menghadapi masa depan untuk lebih berprestasi dan berkarya lebihnya maju lagi," pungkas Sekda.

Kakawarda Provinsi Jambi, H.Sudirman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama RI dan Pemerintah Provinsi Jambi serta Kabupaten Muaro Jambi, masyarakat Sungai Gelam, dan para peserta dari seluruh provinsi se Indonesia yang telah bersedia hadir dan telah mensukseskan penyelenggaraan PPSN V.

“Peserta PPSN V 3.011 orang, belum termasuk pendamping pericau, keseluruhannya berjumlah 4.646 orang, ini peserta PPSN terbanyak. "Gerakan PPSN merupakan gerakan strategis dalam upaya revitalisasi Gerakan Pramuka, untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan ilmu agama, dengan berbagai kegiatan terus dilakukan agar ilmu peserta dapat ditingkatkan,” ungkap Sudirman.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Perkemahan Pramuka Santri Nusantara V menyampaikan, pelaksanaan perkemahan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Addurrahman Sayoety Musa adalah penyelenggaraan paling sukses, berjalan sesuai dengan rencana dan baru pertama kalinya bernuansa milenial, dengan berbagai kegiatan dengan mengunakan teknologi yang cukup memadai. "Santri hari ini sangat intelek dan insha Allah tidak akan ketinggalan teknologi dan informasi saat ini," ujarnya.

Calon tuan rumah penyelenggara PPSN ke-6 Tahun 2021 yaitu Provinsi Jawa Timur, Bengkulu, dan Jawa Tengah.

 Turut serta pada kesempatan ini, Direktur Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI Dr.H.Ahmad Zayadi,M.Pd, unsur Forkompimda Provinsi Jambi, para OPD Provinsi Jambi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi H. Muhammad, para pembina Pramuka Santri, para peserta PPSN V, serta para undangan lainnya.


Editor: yms
Sumber: PDE

Advertisement

Komentar Anda