Sekda Cek Peralatan serta Kesiapan Penanganan Bencana BPPD


Selasa, 13 November 2018 | 07:17:58 WIB
/

SUARAJAMBI.COM- Memasuki bulan akhir tahun biasanya curah serta intensitas hujan semakin banyak juga lebat akan mengguyur wilayah Provinsi Jambi yang mengalir banyak anak sungai termasuk Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Drs.H.M.Dianto,M.Si, langsung mengecek atau memeriksa peralatan, kesiapan logistik bantuan di Kantor Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang sangat diperlukan untuk daerah terkena dampak banjir akibat meluapnya sungai serta tingginya curah hujan pada musim hujan datang, Selasa (13/11/18).

"Harus melihat kesiapan dari Dinas untuk stok barang yang bisa dibantu kepada masyarakat yang terkena dampak banjir," kata Sekda.

Sudah menjadi hal lumrah saat curah hujan tinggi diakhir tahun beberapa daerah di Provinsi Jambi mengalami banjir terutama didaerah sepanjang aliran sungai yang menjadi kampung bagi masyarakat Jambi secara turun temurun telah hidup sepanjang aliran sungai,"Tenda darurat, unit mobil dapur umum dan personil tagana sudah dilatih mengatasi musibah banjir juga berperan untuk menghibur anak anak yang terpaksa tidak sekolah akibat musibah banjir melanda," ujar Sekda.

Sekda menyampaikan sebanyak 14 Ton beras telah tersedia di beberapa daerah kabupaten/kota yang dapat langsung didistribusikan pada saat musibah terjadi,"Jambi, Bungo, Sarolangun, Sungai Penuh dan bantuan siap didistribusikan jika ada surat permohonan atau permintaan bantuan dari kabupaten/kota yang terdampak musibah," papar Sekda.

Tidak hanya peralatan dan logistik yang menjadi perhatian utama juga pada kesiapan petugas tanggap bencana.

Kunjungan lanjutan di kantor BPBD Provinsi Jambi menjadi rangkaian kegiatan meninjau kesiapan petugas serta peralatan seperti perahu karet, dapur umum saat bencana, tenda serta peralatan penting lainnya saat musibah datang.

"Bantuan untuk dua kabupaten/kota tersedia saat ini dan kita upayakan daerah terkena dampak banjir atau bencana dapat teratasi serta terus diupayakan peningkatan persediaan logistik," kata Sekda.

Beberapa laporan dari kabupaten telah terjadi banjir akibat intensitas serta tingginya curah hujan. "Berdasarkan laporan beberapa kabupaten ada yang terdampak banjir yang hal ini bukan berarti terjadi secara keseluruhan hanya dibeberapa titik saja atau kampung yang berada di dekat sungai," jelas Sekda.

Meninjau kesiapan logistik serta peralatan dan petugas didampingi kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi, dan kepala BPBD Provinsi Jambi serta pejabat di instansi terkait.n


Editor: yms
Sumber: PDE

Advertisement

Komentar Anda