DKPP Gelar Sosialisasi Bredding In Situ di Lubuk Beringin Bungo


Sabtu, 22 Desember 2018 | 08:33:08 WIB
Sosialisasi Bredding In Situ Ikan Semah di Kawasan Lubuk Larangan Kabupaten Bungo, 21-22 Desember 2018
Sosialisasi Bredding In Situ Ikan Semah di Kawasan Lubuk Larangan Kabupaten Bungo, 21-22 Desember 2018 /

SUARAJAMB.COM- Untuk Menjaga kelestarian sumber daya ikan endemic pada Daerah Aliran Sungai (DAS) sehinggater selamatkan dari bahaya ancaman kepunahan spesies, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi terus  berupaya melakukan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan suaka perikanan (lubuk Larangan) salah satunya yang berada di Lubuk Beringin, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo.

Kegiatan yang bertajuk Sosialisasi Bredding In Situ Ikan Semah ini di ikuti oleh para tenaga teknis di lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi dan  Dinas Perikanan Kabupaten Bungo dengan menghadirkan pembicara yakni Prof. Dr. Ir Sulistiono (Guru Besar Eko Biologo Ikan FPIK Institut Pertanian Bogor) serta Drs. Jojo Subagja selaku Peneliti Madya dari Balai Riset Perikanan Budi Daya Air Tawar dan penyuluhan Perikanan di Bogor.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKPP) Provinsi Jambi Thema Wisman mengatakan saat ini sumber daya ikan terancam kelestariannya oleh aktivitas manusia.” Sebagai Daerah Aliran Sungai sebagai tempat ekosistem ikan, DAS Batanghari juga membawa deposit berbagai bahan tambang,Ilegal Logging, Pencemaran Limbah berbahaya dan limbah masyarakat sehingga DAS Batanghari menjadi ladang aktivitas bahan tambang dan berbagai kegiatan lainnya yang secara langsung mengancam kelestarian ikan yang ada di DAS Batang Hari ini.” Ungkap Thema dalam sambutannya.

Kemudian di katakannya, untuk menjaga kelestarian ikan ikan endemic yang ada di kawasan DAS Batanghari perlu dilakukan berbagai upaya pelestarian secara In SITU dan Ek SITU.” Pelestarian exs SITU melalui Domestikasi yang telah berhasil dilakukan oleh Balai Perikanan Air Tawar Bogor adalah ikan Tambakan, melihat itu maka DKPP Jambi Melalui Instalasi Perikanan Thehok juga telah berhasil melakukan pengembangan dan pembudidayaan ikan tambak.

Khusus ikan Semah, dikatakannya DKPP Jambi telah berupaya melakukan berbagai pengelolaan ikan air tawar termahal ini salah satunya yang ada di kawasan Lubuk Beringin, spesies ini juga juga terancam punah akibat habitat alamnya yang kian menyempi.

Pelestarian eks SITU dinyatakan membutuhkan biaya yang sangat besar dan SDM yang handal, utuk itu pemerintah akan terus mencoba melakukan upaya pelestarian ikan kuhusnya ikan semah melalui pengembang biakan secara in Situ ikan endemic antara lain melalui pengelolaan suaka perikanan dan lubuk larangan yang di dukung kearifan local, rehabilitasi lingkungan dan modofikasi habitat, pengendalian ikan secara introdusi serta menyusun regulasi penangkapan ikan.

Penulis: yms
Editor: yms
Sumber: Suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda