Bea & Cukai Jambi Siap Gempur Peredaran Rokok Ilegal


Senin, 17 Juni 2019 | 16:28:09 WIB
/

SUARAJAMBI.COM- Direktorat Jenderal Bea dan Cukai telah memulai kampanye penindakan rokok ilegal bertajuk “Gempur Rokok Ilegal”  Secara serentak di seluruh wilayah RI, apel kesiapan pelaksanaan kampanye “ Gempur Rokok Ilegal pun di lakukan Secara serentak di lakukan di seluruh kantor Bea & Cukai di Indonesia pada hari ini (17/06) tak terkecuali di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe –B Provinsi Jambi. Kampanye ini bagian dari upaya pemerintah dalam menindak peredaran rokok ilegal, baik melalui pendekatan administrasi pajak (tax administration approaches) maupun kebijakan (policy oriented).

Kepala Kantor Bea dan Cukai Jambi, Ardiyatno mengungkapkan  Bea dan Cukai Jambi siap Gempur Rokok illegal “ jadi hari ini secara serentak di seluruh wilayah Indonesai, kami dari Bea dan Cukai  di amanatkan untuk melakukan operasi secara terpadu barang kena cukai khususnya hasil tembakau dengan takeline operasi Gempur Rokok Ilegal.” Tegasnya.

Dikatakanya, Pemerintah menargetkan penekanan 3 % atas peredaran rokok illegal. “Kalau tingkat peredaran rokok ilegal masih cukup tinggi, tidak cukup kita hanya fokus di instrumen tarif, harus ada kombinasi dengan penegakan hukum, yaitu lewat penindakan rokok ilegal. Di tahun 2018, tingkat peredaran rokok ilegal (illicit cigarette) adalah 7%, dan tahun ini target kita adalah mampu menekan peredaran rokok ilegal hingga ke level 3%. Melalui pengawasan yang efektif, yakni aksi gempur rokok ilegal ini diharapkan dapat mendorong kepatuhan pengguna jasa di bidang cukai dan akhirnya akan menurunkan persentase rokok ilegal di pasaran,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Pengawasan dan Penindakan (P2) KPPBC Jambi menyatakan pihaknya telah menyiapkan model operasi penindakan terhadap peredaran rokok illegal.”Jadi mekanismenya telah kita siapkan, model operasinya khususnya pada wilayah potensi rawan peredaran rokok illegal tersebut seperti daerah kawasan perkebunan atau pelosok, kemudian daerah daerah transit seperti kawasan perbatasan, lintas tengha dan timur, kemudian kawasan pesisir pantai yang menjadi titik masuknya rokok illegal seperti wilayah tanjab barat dan timur.” terang Pangestu selaku Kasi.

Lebih jauh mengenai kampanye ini penekanan atas peredaran rokok illegal, Bea dan Cukai Jambi berharap adanya sinergitas seluruh elemen baik Pemerintah, Institusi terkait maupun peran serta masyarakat sangat di harapkan, Tak hanya peredaran rokok illegal, barang barang yang terindikasi kena cukai yang terindikasi illegal  masuk ke wilayah Provinsi Jambi  juga akan di tindak sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku.

 


Editor: yms
Sumber: suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda