SMK Masih Menjadi Sekolah Pavorit


Rabu, 08 Juli 2020 | 22:17:25 WIB
SMKN 2 Kota Jambi
SMKN 2 Kota Jambi /

SUARAJAMBI.COM- Peminat SMK dari tahun ke tahun terus mengalami  peningkatan.  SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu pilihan sekolah lanjutan  yang fokus pada pembekalan keterampilan dan ilmu-ilmu terapan.Secara materi, sebenarnya siswa SMK juga melumat berbagai mata pelajaran yang dipelajari siswa SMA, hanya saja tidak terlalu mendalam dan juga disertai dengan pendidikan vokasi tentang jurusan yang ia pilih.

Pendidikan vokasional di SMK juga lebih mengedepankan metode praktik ketimbang materi. Ada istilah bahwa di SMK 70% praktikum dan hanya 30% materi. Hal ini tidak mengherankan, karena apabila kita melihat tujuan dari diciptakannya SMK sendiri adalah untuk mempersiapkan anak-anak muda Indonesia agar siap untuk bekerja selepas tamat dari pendidikan menengah atas.

Hal ini pula yang menjadi kelebihan siswa SMK jika dibandingkan dengan siswa sekolah umum lainnya. seperti halnya yang dialami SMK 2 Kota Jambi.  Sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang sangat diminati oleh siswa lanjutan SMP sederajat. Ini terbukti, dari tahun ke tahun jumlah pendaftar di SMK ini setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan yang tercatat mendaftar secara online jumlahnya bisa mencapai ribuan siswa.

“Yang mendaftar dengan sistem online sekitar dua ribuan. Namun setelah melalui seleksi ada 1200-an yang memenuhi syarat, dari seribuan siswa yang mendaftar tersebut, ujar Lumban, hanya 500-an siswa saja yang di terima. Dari sejumlah jurusan yang ada di sekolah tersebut jurusan akutansi dan tehnologi informasi menjadi pilihan terbanyak calon siswa SMKN 2 Kota Jambi.” kata ketua panitia PPDB SMKN 2 Kota Jambi, Lumbantoruan.

Tingginya angka pendaftar di SMK membuat kapasitas atau daya tampung sekolah menjadi kendala tersendiri bagi sekolah yang bersangkutan." Daya tampung kita hanya 16 kelas untuk siswa baru, sementara pendaftar mencapai ribuan orang, mau tidak mau kita harus menerapkan seleksi ketat bagi pendaftar secara online yang telah di atur dalam PPDB." tegasnya.

 

Editor: yms
Sumber: suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda