Mat Sanusi : Bangsa ini Membutuhkan Banyak Pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang Damai.


Rabu, 11 November 2020 | 23:02:58 WIB
Mat Sanusi Kasubag Umum Inspektorat Provinsi Jambi
Mat Sanusi Kasubag Umum Inspektorat Provinsi Jambi /

SUARAJAMBI.COM- Semangat perjuangan 10 November di Surabaya tahun 1945 merupakan tonggak sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang harus terus berkobar di jiwa rakyat indonesia.kita semua harus menghargai jasa para pahlawan meskipun perjuangan merebut kemerdekaan telah berlalu. Sebab Bangsa yang besar adalah bangsa yang meghargai dan menghormati jasa pahlawannya.

Mat Sanusi, Kasubag Umum Inspektorat Provinsi mengungkapkan hari pahlawan punya makna tersendiri baginya. " Ada istilah umum yang mengatakan bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang meghargai dan menghormati jasa pahlawannya. Kita memang tidak ikut serta dalam perjuangan yang mengorbankan  nyawa pada waktu itu. Namun kita, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa sudah sepatutnya memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman. Jadilah pahlawan dengan meniru semangat juang para pahlawan kita yang telah gugur dengan berkontribusi terhadap perkembangan bangsa Indonesia. Bangsa ini membutuhkan banyak pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai.

Maka itu, kata dia Hari Pahlawan memang diperingati setiap 10 November, tapi jadilah pahlawan setiap harinya dalam kehidupan sehari-hari. Jadilah pahlawan yang dimulai untuk diri sendiri dan keluarga dengan mencetak prestasi."Jangan jadikan Hari Pahlawan ini sebagai unsur seremoni belaka tanpa menghayati nilai-nilai perjuangan dari pahlawan kita. Sebagai generasi muda sudah saatnya kita mengambil nilai-nilai tersebut yang direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari." serunya.

Di era dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, sambungya semakin membuat peran generasi muda sebagai agen perubahan kurang menonjol." Banyak yang menyalahgunakan teknologi digital ini dengan melakukan perbuatan yang sebetulnya tidak perlu. Perilaku konsumtif, aktivitas di dunia maya semakin membuat mereka terlena di dunia yang serba instan saat ini. Generasi muda sudah seharusnya memiliki jiwa kepemimpinan yang harus selalu maju ke depan karena masa depan bangsa ada ditangan anak-anak muda. Penting untuk memiliki sikap kepemimpinan dengan kepekaan terhadap masalah sosial, lingkungan, dan politik sebagai representasi wajah baru bangsa Indonesia." Pungkas Mat Sanusi.


Editor: yms
Sumber: suarajambi.com

Advertisement

Komentar Anda