KPU Tanjab Timur Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara


Kamis, 26 November 2020 | 10:26:02 WIB
/

SUARAJAMBI.COM- Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menggelar simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (PPS) ditempat Pemungutan Suara (TPS) dengan protokol kesehatan Covid-19 saat Pemilihan Gubernur/Wakil Gubenur dan Bupati / Wakil Bupati Tahun 2020, Sabtu ( 21/11/2020 ).

Turut Hadir Ketua KPU, Nurkholis.S.IP, Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan ABD, Haris, S.Ag, Staf Ahli Bupati Drs. Enizwar, Kapolres Tanjab Timur, AKBP Deden Nurhidayatulah, SH. S.IK, Kasubag Teknis Pemilu dan Hupnas Sekretariat KPU, Masruri.

Ketua KPU Tanjab Timur Nurkholis, S.IP mengatakan , simulasi hari ini sangat penting dan strategis, untuk dapat mengetahui kekurangan, kendala dan suasana yang perlu diperbaiki, sehingga membantu dalam menghadapi segala macam persoalan yang terjadi dalam pemungutan dan penghitungan suara.

Ketua KPU Tanjabtim Nurkholis, S.IP menjelaskan, simulasi dilaksanakan secar riil dimana tidak hanya proses pemungutan suara namun sampai perhitungan suara dan penggunaan aplikasi sirekap di TPS.

“Kita melibatkan kurang lebih 200 orang, rata-rata kita melibatkan petugas KPPS bukan Pemilih langsung, karena mereka  nanti yang terlibat langsung di TPS,”jelasnya.

Lebih lanjut, Nurkholis mengatakan kegiatan ini dilaksanakan. Dengan tujuan agar nanti pada saat pelaksanaan hari H pencoblosan segala kemungkinan yang terjadi bisa diantisipasi.“Kemungkinan – kemungkinkan yang terjadi kedepan bisa kita antisipasi, makanya simulasi kita agendakan secara rill betul-betul pada saat hari ” H ” , ungkapnya.

Kemungkinan yang terjadi pada saat pencoblosan misalnya, ada kasus warga yang tidak mau diatur kemudian tidak menjaga protokol kesehatan semua akan tersimulasikan selanjutnya dilakukan langkah-langkah pencegahan, ucapnya.“Setiap jadwal pelaksanaan pada proses saat proses pun secara berkala selalu kita ingatkan, tentang Covid-19 disitu untuk menjaga harus taat protokol kesehatan,”pungkasnya.(

sementara Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan ABD, Haris, S.Ag menyatakan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (PPS) ditempat Pemungutan Suara (TPS) dengan protokol kesehatan Covid-19 ketat. " sebelum masuk area pemilihan, nama dipanggil, ada pengukuran suhu tubuh, kemudian mencuci tangan, dan menerima kertas suara dan sarung tangan sambil duduk berjarak menunggu giliran. Setelah itu menuju tempat kotak suara dan selesai pencoblosan, sarung tangan diletakkan di tempat sampah," paparnya.

Dia juga mengingatkan, agar distribusi logistik dapat sampai di lokasi tepat waktu, yang tentunya dikawal secara ketat oleh petugas dan aparat keamanan.“Mudah-mudahan dengan adanya simulasi ini, Pilkada di Kabupaten Tanjabtim bukan hanya lancar, bukan hanya sehat, tetapi menjadi Pilkada yang berkwalitas,” harapnya.

Pemerintah Kabuapten Tanjung Jabung Timur yang di wakili Staf Ahli Bupati Drs. Enizwar, apresiasi atas kegiatan ini. Menurut dia, ini adalah bentuk komitmen, agar pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 akan  berlangsung dengan lancar, aman, damai dan juga sehat, dan terhindar dari Covid-19.

Dia juga mengingatkan, agar distribusi logistik dapat sampai di lokasi tepat waktu, yang tentunya dikawal secara ketat oleh petugas dan aparat keamanan.

 


Editor: yms
Sumber: Media Fathner

Advertisement

Komentar Anda